Kenapa Komputer Sering Hank (tampilan tak bergerak) ???

Terapi untuk mengatasi Komputer yang nge-HANK

Mungkin Anda pernah mengalami komputer Anda tiba-tiba mouse pada layar tidak dapat digerakkan (hank)?!?! Ya…itu yang dinamakan komputer sedang Hank (tidak dapat digerak-gerakkan), dan jalan satu-satunya Anda harus merestart komputer tersebut. Kenapa ya ini bisa terjadi??? Berikut akan saya jelaskan kenapa komputer yang kita gunakan bisa nge-hank.

1. Beban Komputer yang sangat Berat. Komputer dengan spesifikasi pas-pasan, ketika dipaksakan untuk keperluan komputasi yang sangat berat bisa  menyebabkan hank, dan ini biasanya merupakan faktor yang utama. Misalnya kita menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, seperti Microsoft Office Word, Winamp, CorelDraw, Photoshop dan Photopaint secara bersamaan, sedangkan spesifikasi komputer yang kita miliki hanya pas-pasan. Pengalaman saya pribadi, waktu itu saya menjalankan multi aplikasi seperti diatas, tiba-tiba komputer saya hank terus mati, selidik punya selidik ternyata processor saya terbakar…hee….

Jadi pergunakan komputer sesuai dengan spesifikasi hardware komputer tersebut. Jangan memaksa komputer diatas kemampuannya.

2. Komputer yang terlalu Panas.  Suhu pada CPU juga dapat menyebabkan komputer menjadi hank. Pemakaian aplikasi yang banyak secara bersamaan akan membutuhkan banyak daya dari power supply, kerja processor pun akan meningkat. Semakin tinggi processor bekerja maka panas yang dihasilkan pun semakin tinggi. Suhu normal untuk sebuah processor sekitar 40-60 derajat celcius, dan suhu maksimal sekitar 80-90 derajat celcius. Jika panas processor melebihi suhu maksimalnya, maka komputer akan hank, dan bisa juga processor Anda akan terbakar. Jika Anda menggunakan pendingin processor standar bawaan dari pembelian processor, sebenarnya pendingin ini sudah cukup untuk mendinginkan komputer, lain halnya jika Anda menggunakan komputer untuk keperluan yang berat, maka Anda perlu mengganti pendingin processor dengan yang lebih bagus (pendingin processor=heatsink). Kemudian untuk suhu didalam Cassing sendiri harus terjaga, sirkulasi udara yang keluar masuk harus benar-benar diperhatikan, tambahkan kipas pendingin tambahan jika perlu. Semakin rendah suhu didalam Cassing maka komputer maka akan semakin baik.

Jadi periksalah suhu komputer Anda, pastikan suhu didalam cassing dan suhu pada processor tidak terlalu panas, jika perlu copotlah cover cassing bagian samping (salah satunya saja) agar sirkulasi udara tetap lancar.

3. Hardware yang tidak Kompatible. Ada beberapa komponen komputer yang tidak cocok (compatible), seperti processor yang tidak cocok dengan mainboard, atau VGA tidak cocok dengan mainboard, atau memory yang tidak cocok dengan mainboard. Belum tau juga apa sebabnya komponen-komponen tersebut bisa tidak cocok, tapi kemungkinan ini memang sangat jarang, dan saya pernah mengalami hal seperti ini, waktu itu komputer masih agak jadul, pake processor AMD Duron, ketika saya install Windows XP sering hank, kemudian saya ganti Windows ME lancar-lancar saja. Ada juga teman membeli komputer satu set, komputernya sering hank, ketika di serviskan ternyata VGA-nya tidak cocok dan terpaksa diganti. Pastikan komponen-komponen komputer yang Anda tanamkan pada mainboard sesuai dengan spesifikasi mainboard Anda. Kemungkinan paling besar akibat yang ditimbulkan dari komponen yang tidak kompatible adalah munculnya BLUE SCREEN.

Jadi, periksa dulu spesifikasi setiap komponen komputer yang akan Anda beli/ yang sudah Anda miliki, pastikan antara komponen memang benar-benar saling mendukung dan setara.

4. Software yang tidak Kompatible dengan Windows. Aplikasi-aplikasi yang Anda install pada windows tidak semuanya kompatible dengan sistem Anda. Ada beberapa software yang kadang bentrok dengan sistem operasi Anda, semisal aplikasi tersebut tidak cocok dengan versi windows yang Anda gunakan, atau register dari software tersebut telah rusak. Hal ini juga dapat menyebabkan komputer menjadi hank, karena ketika Anda menjalankan aplikasi yang rusak tersebut, komputer akan mulai memprosesnya, ketika itu file yang dibutuhkan tidak tersedia maka processor akan terus mencari sehingga komputer bisa hank. Ada juga beberapa software yang jika di install dia akan merubah file system Windows, ini sangat berbahaya, karena jika software tersebut dihapus maka file system windows juga akan turut terhapus.

Jadi sebelum Anda menginstal sebuah software, sebaiknya baca dulu system requirment dan petunjuk-petunjuk yang ada sewaktu menginstal software tersebut.

5. Windows File System Erorr. Windows yang terinstal didalam komputer Anda yang sudah berusia lebih dari satu tahun bisa jadi ada beberapa file system yang terhapus secara tidak sengaja. Aplikasi yang Anda instal dan Anda Uninstall secara tidak langsung juga akan mempengaruhi file sistem pada windows. Register WIndows yang tidak pernah dibersihkan juga dapat menyebabkan windows akan rusak. File-file yang bertumpuk-tumpuk dan tidak pernah dirapihkan juga akan merusak register windows. Jika file sistem pada windows rusak, kemungkinan komputer hank akan semakin besar.

Jadi, rawatlah file sistem pada windows seperti Anda merawat diri Anda sendiri, bersihkan register dari aplikasi yang tidak terpakai, defraglah harddisk secara kontinue.

6. Bahaya Virus Menyerang. Mungkin hal ini yang sering dialami orang-orang, ketika virus telah menyerang komputer, dan komputer sudah dalam tahap kronis akibat serangan virus. Bersiaplah Windows Anda akan rusak karena serangan virus ini, jika file sistem windows rusak maka komputer akan lebih sering hank. Tidak semua virus dapat menyebabkan komputer menjadi hank. Biasanya komputer menjadi hank jika kita mulai melakukan proses pembasmian virus di komputer, hal ini dikarenakan virus akan memproteksi diri dengan menyebabkan komputer hank, jadi Anda tidak bisa membasmi virus tersebut (untuk komputer yang sudah kronis).

Jadi antisipasi sejak dini akan serangan virus.

Jadi seperti itulah komputer Anda dirumah bisa hank, sebenarnya masih ada hal lainnya yang dapat menyebabkan komputer jadi hank, cuma setahu saya baru itu…

Satu Tanggapan

  1. wah..terimakasih
    saya jdi tau sekarang…pertama yg sya tau cman windows file system error..
    ternyata bnyak juga ya penyebabx…
    salam kenal ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: