UBUNTU Dekstop Edition

UBUNTU Dekstop Edition (The Perfect Free Operating System)

Baru beberapa bulan yang lalu saya mencoba Ubuntu Dekstop Edition 8.04, saya sangat terkagum-kagum dibuatnya. Ubuntu merupakan Sistem Operasi berbasis Linux dengan tampilan dekstop yang memukau, layaknya sistem Operasi Mac leopard, dan yang paling keren GRATISSSS…

Tampilan dan efek-efeknya sangat memukau, dari efek 3D Box untuk berpindah-pindah dekstop. Jumlah dekstop yang dapat anda set. Efek minimize, maximize, close yang cukup keren dan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Sudah mendukung untuk berbagai keperluan Anda seperti Hiburan, Multimedia, Office Application, dan lainnya. Pilihan software pendukung sangat lengkap. Pokoknya keren abis deh..

Anda bisa mendapatkan master CD untuk instalasi ubuntu ini pada semua Linux Center di kota-kota Anda. Anda juga bisa mendownload langsung dari Official Website Ubuntu, dah bahkan Anda juga dapat merequest CD Ubuntu untuk dikirimkan ke alamat Anda (estimasi pengiriman hingga ke tangan kita sekitar 2 bulan) dan GRATISSS tanpa ongkos kirim.

DOWNLOAD

Berikut screenshoot Ubuntu Dekstop Edition :

Ubuntu Dekstop

Ubuntu Taksbar

Ubuntu Start Menu

Ubuntu Box Effect

ubuntu

Ubuntu Application

dekstop ubuntu

Untuk lebih jelasnya tentang fitur apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Sistem Operasi ini, silahkan kunjungi Official website Ubuntu

atau lihat demo video berikut

Sistem Operasi ini saya pinjam dari teman saya yang kemudian saya instal pada laptop dengan spesifikasi :

  • Processor Intel Core2Duo T5500 1,6 Ghz
  • Memory 1 GB
  • Intel GMA 965
  • Hardisk 160 GB

Rekomendasi komputer yang digunakan adalah komputer dengan hardware terbaru khususnya Intel (Intel Centrino lebih bagus, karena tidak perlu mengupdate driver, langsung terdeteksi oleh ubuntu). Ubuntu juga dapat membaca semua file-file yang ada dalam windows dan yang ada pada drive lain. Untuk konektivitas sangat mudah, mengaktifkan wi-fi jika pada area hotspot akan langsung tersambung, untuk LAN dapat langsung terhubung, dan untuk akses internet broadband silahkan baca petunjuk instalasi broadband di ubuntu.

Tidak seperti sistem operasi linux sebelumnya yang sangat bikin saya jengkel karena merusak sistem operasi windows dan berakibat hilangnya data-data saya…hiks…hiks…(maklum masih awam dengan linux).

Instalasi Ubuntu ini sangat mudah, seperti menginstal Windows pada umumnya, bahkan Ubuntu menyediakan pilihan untuk menginstal pada sistem operasi Windows masih aktif (Under Windows). Besarnya ruang hardisk yang diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan Anda (minimal 2GB), tergantung nanti Anda akan memakai software apa saja untuk mengisi Ubuntu ini (saya rekomendasikan 10GB). Untuk mencobanya, silahkan instal Ubuntu ini under windows dan ikuti instruksi yang ada.

Ubuntu akan membuat partisi tersendiri pada drive yang telah dipilih sebelumnya.

Setelah instalasi selesai, Anda bisa langsung menggunakan ubuntu dengan aplikasi bawaan yang masih standar. Untuk urusan hiburan multimedia, Anda tidak bisa langsung menikmatinya,Anda harus mendownload codec-codec untuk dapat memutar lagu maupun film. Memang aplikasi bawaan cd instalasi ubuntu masih sedikit, ada application manager yang memperlihatkan daftar software-software apa saja yang bisa Anda instal di ubuntu, semuanya sangat lengkap, dari mulai aplikasi grafis, multimedia, games, internet, office dan lainnya. Semua aplikasi itu perlu Anda download baru kemudian bisa diinstal di ubuntu. Tetapi ada alternatif lain untuk mendapatkan software-software pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan dalam CD repo Ubuntu di Linux Center. Kira-kira total besarnya aplikasi sekitar 20GB dalam 5 keping DVD. Pilih software-software yang Anda perlukan saja, karena tidak semua software yang ada akan Anda pergunakan.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: