Aplikasi (Software) Pencari Ayat Dalam Al-Quran, Bahasa Indonesia dan Inggris

about

Beberapa tahun yang lalu saya pernah membuat aplikasi dalam format Microsoft Access 2000, aplikasi ini dipakai untuk mencari ayat dalam Al-Quran. Kita tinggal menuliskan kata yang akan dicari dan aplikasi ini akan menunjukkan di ayat mana saja kata itu ada dalam Al-Quran.

Pada saat aplikasi pertama kali dibuka akan muncul screen seperti disamping. Secara default akan menggunakan bahasa Indonesia, Jika akan menggunakan bahasa inggris silahkan uncheck Bahasa Indonesia.

Setelah itu kita akan masuk ke screen pencarian ayat seperti gambar dibawah, kita tinggal memasukkan kata yang akan kita cari dan click enter atau tab. System akan menampilkan daftar Surat dan Ayat yang mengandung kata tersebut. Apabila daftar tersebut kita click, maka dibawahnya akan muncul ayar yang bersangkutan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Tomboll Ind>> dipakai untuk memindahkan terjamahan ayat dalam bahasa Indonesia di sebelah kanan, dan tombol Ing>> untuk memindahkan terjemahan bahasa inggris ke sebelah kanan. Setelah dipindahkan kita bisa Copy Paste ke aplikasi lain seperti Word, Excel atau yang lain.

Tampilan Aplikasi

Tampilan Aplikasi

Tombol Preview adalah untuk menampilkan hasil pencarian untuk seluruh isi Al-Quran dalam bentuk report yang siap untuk dicetak seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Tampilan ini diapakai kalau kita ingin mencetak terjemahan Al-Quran atau ingin mengexport data tersebut ke aplikasi MS Word.

Software ini dilengkapi dengan 2 bahasa, yaitu bahasa indonesia dan inggris. Software Al-Quran ini bisa didownload dengan gratis di alamat : alquran
Sumber: http://www.sofyanhadi.wordpress.com

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih. Warnisline ikut download Al-Quran untuk kelengkapan menu-menu yang disajikan di Warungnya. Utamanya untuk menyebarluaskan kandungan Al-Qur’an kepada masyarakat luas.

Tinggalkan komentar